Minggu, 17 Juni 2012

Tidak ada yang luput dari godaan syetan

Diceritakan dari Abdullah bin Ahmad bin Hanbal : tatkala ajal ayahku yaitu Imam Ahmad bin Hanbal semakin mendekat, aku mendekat kepada beliua dan ditangan ada sehelai sapu tangan untuk mengusap wajah beliau, beliau mulai berkeringat kemudian beliau pingsan lalu sadar, dan ketika baru sadar dari pingsannya beliau berkata dengan menggerakkan tangannya : tidak sampai setelah ini, tidak sampai setelah ini. Terjadi lagi, beliau tidak sadarkan diri, kemudian setelah beberapa lama beliua mulai sadar lagi dan sekaliagi berkata dengan menggerakkan tangannya : tidak setelah ini, tidak setelah ini. Dan untuk ketiga kalinya juga demikian kejadiannya, namun setelah beliau mengatakan perkataan itu, langsung aku bertanya kepada beliau : wahai ayahku,,! Kenapa anda ini? Anda tegang terus pada saat ini lalu anda berkeringat sampai kita mengatakan : apakah anda telah tiba ajalnya?lalu anda berkali-kali mengatakan : tidak, sampai setelah ini, tidak sampai setelah ini.! Kemudian beliau berkata kepadaku : wahai anakku, apakah kamu mengetahui maksud dari perkataanku itu? Aku jawab : aku tidak tahu. Lalu beliau menjelaskan : iblis yang dilaknat oleh Allah tadi berdiri di ujung kakiku sambil menggigit jari-jari kakiku seraya berkata : wahai Ahmad, kamu telah selamat ( maksudnya adalah agar Imam Ahmad merasa diriny baik sehingga tidak menambah kadar ibadah), lalu aku langsung menjawab : tidak sampak nanti, tidak sampak manti dan terus demikkan sampai aku merasa meninggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar