Kamis, 14 Juni 2012

Ukhuwah haqiqi

Setelah umat islam masuk Madinah dan pada saat itu para muhajirin yang berpindah dari Mekkah ke Madinah tidak membawa bekal apapun, semua yang dimilikinya di Mekkah, ia tinggalkan hanya untuk mempertahankan agama islam di hati mereka. Di Madinah Rasulullah SAW mempunyai cara agar muhajirin tidak dalam keadaan miskin dan mempunyai apa-apa, yaitu dengan mempersaudarakan antara sahabat Muhajirin yang dari Mekkah dan sahabat Anshor yang berasal dari Madinah, diantaranya Rasulullah mempersaudarakan antara Sa'd bin Robi' dengan Abdurrahman bin 'Auf, lalu sahabat Sa'd sebagai sahabat Anshor menawarkan kepada Abdurrahman bin 'Auf : aku mempunyai harta maka mulai sekarang aku jadikan dua bagian, satu milikku dan satunya milikmu, dan aku juga memiliki dua istri, silahkan kamu memilih antara keduanya maka aku akan cerai istri yang kamu inginkan, dan jika telah selesai iddahnya silahkan langsung kamu nikahi dia, lalu Abdurrahman bin 'Auf menjawab : terima kasih atas semua tawarannya yang berupa harta dan istri, akan tetapi aku tidak berkenan menerima semuanya, cukup bagiku kamu tunujukkan dimana tempatnya pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar