Kamis, 30 Agustus 2012

Umar bin Abdul aziz, cerminan pemimpin idaman

Umar bin Abdul aziz tatkala beliau telah dinobatkan untuk menjadi penerus kepemimpinan umat muslim terdengar dari kediaman beliau suara banyak tangisan, sehingga orang-orang penasaran, apa yang terjadi di rumah pemimpin yang batu itu!!.
Kemudian ada yang menjelaskan, bahwasannya saat itu Umar bin Abdul aziz memberikan pilihan kepada istri-istrinya dan budak-budak perempuannya, antara tetap tinggal bersama beliau akan tetapi tidak digauli sebagaimana biasanya hubungan suami istri, atau berpisah dengan beliau, dan beliau berkata: aku sangat sibuk sekali dengan urusan takyat muslimin sehingga aku tidak sempat untuk memenuhi kewajibanku kepada kalian, dan pada akhirnya mereka semua memilih tetap bersama beliau.
Dan diantara tanda keadilan beliau saat menjabat sebagai pemimpin umat islam pada saat itu, bahwasaanya sebagian orang pernah melihat serigala makan bersama kambing, sampai ia dangat tercengang melihat pemandangan yang sangat aneh, dan ia bertanya kepada orang-orang yang mengetahui hal itu, mengapa hal yang sangat aneh ini terjadi? Dijawab: jika pemimpin telah berbuat adil maka rakyatpun akan aman dan tentram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar