Kamis, 30 Agustus 2012

Cerminan pemimpin idaman sepanjang masa

Dahulu Sy. Umar bin khottob saat menjabat sebagai pemimpin umat islam atau kholifah, beliau sering meneteskan air mata di siang dan malam hari, lalu ada yang bertanya: kenapa wahai Sy. Umar engkau selalu menangis? Beliau menjawab: aku telah dibebani oleh kepemimpinan, jika aku berbuat adil maka aku akan dihisab, (diperhitungkan amal) dan jika aku berbuat dholim maka aku akan disiksa.
Beliau juga dalam kesehariannya hanya memakai baju yang banyak tambalannya, dan jika tidur, beliau memakai pelepah kurma sebagai bantalnya dan tanah sebagai kasurnya. Pernah suatu ketika raja romawi melihat sendiri dengan mata kepalanya kejadian demikian itu kemudian raja romawi itu berkata: wahai Umar, kamu telah berbuat adil sehingga kamu merasa tenang dan kamu bisa tidur.
Dan beliau sejak mengemban kepemimpinan yang diwariskan dari Sy. Abu bakar dari Rasulullah, beliau tidak pernah sengaja tidur siang ataupun malam, hanya yang beliau rasakan adalah terselipnya rasa ngantuk yang sangat saat beliau duduk, dan beliau berkata: jika aku tidur pada malam hari maka aku menyianyiakan diriku dan jika aku tidur pada siang hari maka aku telah menelantarkan rakyatku sementara aku kelak dimintai pertanggung jawaban di hari kiamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar